MODEL PENGEMBANGAN ORGANISASI SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KINERJA PERUSAHAAN DI INDUSTRI BATIK LAWEYAN SURAKARTA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Menganalis factor peluang dan ancaman organisasi di industri Batik Laweyan Surakarta. (2) Menganalisis kekuatan dan kelemahan organisasi di industri Batik Laweyan Surakarta. (3) Menyusun strategi pengembangan organisasi di industri Batik Laweyan Surakarta. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptip dengan pendekatan studi kasus. Studi kasus merupakan penelitian yang mendeskripsikan secara mendalam tentang fenomena perubahan strategi dan pengembangannya di industry Batik Laweyan Surakarta. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa strategi pengembangan di industri Batik Laweyan antara lain: (1) Strategi produksi dengan pegembangan produk yang unik dan kreatif, disain batik yang unik serta pemantauan selera konsumen. (2) Staregi pemasaran dengan mencari segmentasi baru, harga jual seni yang tinggi, seta perluasan agen dan distibutor. (3) Strategi keuangan dengan cara meningkatkan kemitraan dengan BUMN, perbankan syariah dan perguruan tinggi. (4) Strategi SDM dengan cara: pelatihan teknologi informasi (IT). pelatihan kreasi seni batik, perekrutan tenaga akuntansi, serta pelatihan kepemimpinan dan kewirausahaan.
Kata Kunci: Peluang dan ancaman industry, kekuatan dan kelemahan industry, strategi agresif
Refbacks
- There are currently no refbacks.
e-ISSN: 2621-0584
p-ISSN: 2407-9189