MANAJEMEN LABA, PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DENGAN CORPORATE GOVERNANCE SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Eny Kusumawati, Nashirotun Nisa Nurharjanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh manajemen laba terhadap corporate social responsibilty (CSR) dengan corporate governance sebagai variabel moderasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisa multiple regresi. Sampel yang digunakan adalah perusahaan manufaktur dengan jumlah observasi 94 perusahaan untuk kurun waktu tiga tahun. Studi empiris membuktikan bahwa manajemen laba dapat mempengaruhi corporate social responsibility (CSR) sedangkan komite audit dan kepemilikan manajerial tidak dapat memoderasi hubungan manajemen laba terhadap CSR. Namun dewan komisaris dapat memoderasi hubungan manajemen laba terhadap CSR. Hasil analisis regresi menunjukkan variabel manajemen laba dengan CSR memiliki keterikatan yang dapat saling menjelaskan sebesar 27,2% dan nilai pengaruh dari kedua variabel dengan taraf signifikansi 5% adalah 3,8%. Kondisi ini mengindikasikan bahwa perusahaan cenderung melakukan pengungkapan CSR secara luas ketika ada kecenderungan peningkatan laba. Berjalannya fungsi dari dewan komisaris membuat stakeholder lebih percaya bahwa peningkatan laba dilakukan bukan karena tujuan untuk mengaburkan tindakan praktik manajemen laba perusahaan. Implikasi dalam penelitian ini adalah perusahaan diharapkan melibatkan komite audit dan kepemilikan manajerial dalam proses monitoring sehingga penerapan corporate governance dapat meminimalisasi probabilitas manajemen laba sekaligus implementasi CSR dilakukan dengan tujuan untuk investasi bukan untuk meningkatkan image perusahaan

 

Kata Kunci: Manajemen Laba, Corporate Social Responsibility (CSR), Corporate Governance, Image Perusahaan


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2621-0584
p-ISSN: 2407-9189