PENGARUH OPINI AUDIT, FINANCIAL DISTRESS, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN, UKURAN KAP DAN PERGANTIAN MANAJEMEN TERHADAP AUDITOR SWITCHING

Mujiyati Mujiyati, Muhammad Anas Taufiqur

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Opini Audit, Financial Distress, Pertumbuhan Perusahaan Klien, Ukuran KAP dan Pergantian Manajemen Terhadap Auditor Switching Studi Empiris Pada Perusahaan Real Estate and Property di Bursa Efek Indonesia Periode 2013 – 2016. Variabel yang digunakan dalam Penelitian ini adalah auditor switching, opini audit, financial distress, pertumbuhan perusahaan klien, ukuran KAP dan pergantian manajemen. Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan real estate and property yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2016. Metode yang digunakan untuk menentukan sampel adalah dengan metode purposive sampling. Berdasarkan kriteria yang ditetapkan diperoleh 19 sampel perusahaan dengan total sampel penelitian sebanyak 76 laporan keuangan perusahaan selama empat tahun pengamatan. Metode penelitian yang digunakan adalah studi empiris dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi logistik (logistic regression). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa opini audit berpengaruh terhadap auditor switching, sedangkan financial distress, pertumbuhan perusahaan klien, ukuran KAP dan pergantian manajemen tidak berpengaruh terhadap auditor switching.

 

Kata Kunci : auditor switching, opini audit, financial distress, pertumbuhan perusahaan klien, ukuran kap dan pergantian manajemen.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2621-0584
p-ISSN: 2407-9189