HUBUNGAN ANTARA REGULASI DIRI DALAM BELAJAR DENGAN KECEMASAN SISWA TERHADAP ULANGAN HARIAN
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat hubungan antara regulasi diri dalam belajar dengan kecemasan siswa dalam menghadapi ulangan harian di Sekolah Menengah Kejuruan. Populasi penelitian ini adalah siswa-siswi SMK Nasional di Bantul tahun ajaran 2017/2018 dan sampel penelitian sebanyak 138 siswa. Metode penelitiannya adalah analisis korelasi Product Moment. Hasil penelitian adalah ada hubungan negatif antara regulasi diri dalam belajar dan kecemasan siswa dalam menghadapi ulangan harian dengan r = -0,257 dengan p < 0,01. Kesimpulan penelitian adalah regulasi diri dalam belajar siswa dapat mempengaruhi kecemasan siswa dalam menghadapi ulangan harian.
Kata kunci : regulasi diri dalam belajar, kecemasan siswa dalam menghadapi ulangan harian, regulasi diri
Refbacks
- There are currently no refbacks.
e-ISSN: 2621-0584
p-ISSN: 2407-9189