MODEL ANGKA PARTISIPASI SEKOLAH DI PROVINSI JAWA TENGAH MENGGUNAKAN REGRESI DATA PANEL

Ervia Septiani Arzelina, Sri Sulistijowati Handajani, Etik Zukhronah

Abstract


Pendidikan adalah proses dimana seseorang mengembangkan kemampuan, sikap, dan bentuk lainnya di dalam masyarakat. Untuk mengukur keberhasilan pendidikan salah satu indikator yang bisa digunakan adalah Angka Partisipasi Sekolah (APS). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model regresi data panel pada faktor-faktor yang mempengaruhi APS di Provinsi Jawa Tengah pada tahun 2013-2017. Tahap analisis yang dilakukan yaitu: Mendiskripsikan data, melakukan analisis regresi data panel, meliputi: Common Effect Model (CEM); Fixed Effect Model (FEM); dan Random Effect Model (REM), pemilihan model regresi menggunakan uji Chow dan uji Hausman untuk menentukan model terbaik untuk Angka Partisipasi Sekolah (APS) di Provinsi Jawa Tengah, dan interpretasi hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa angka harapan lama sekolah, persentase penduduk miskin, kepadatan penduduk berpengaruh signifikan terhadap APS usia wajib belajar di Provinsi Jawa Tengah tahun 2013-2017 dan didapatkan hasil model regresi data panel terbaik yaitu Fixed Effect Model (FEM).

Kata Kunci : Angka Partisipasi Sekolah, Regresi Data Panel, Fixed Effect Model.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2621-0584
p-ISSN: 2407-9189