BAHAN AJAR WPS BERBASIS NILAI KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS
Abstract
Pembelajaran abad 21 menuntut adanya keterampilan yang perlu diintergasikan dalam pembelajaran salah satunya keterampilan berpikir kritis. Pelajaran akuntansi merupakan salah satu pelajaran yang membutuhkan pemikiran yang kompleks bukan sekedar pengetahuan melainkan juga pemahaman. Hal ini mengingat penerapan ilmu akuntansi yang dapat diterapkan secara nyata dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, perlunya upaya meningkatakan kemampuan berpikir kritis melalui penggunaan bahan ajar yang diintegrasikan dengan nilai kearifan lokal sehingga akan bermanfaat untuk bekal peserta didik nantinya. Tujuan artikel ini membahas konsep tentang bahan ajar berbasis nilai kearifan lokal untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran akuntansi di SMK. Pengumpulan data menggunakan metode studi literatur dari berbagai sumber yang relevan. Hasil pembahasan mendukung bahwa bahan ajar berupa WPS (Working Paper Series) akuntansi berbasis kearifan lokal dapat menjadi alternatif pilihan bahan ajar yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Diharapkan peserta didik mampu berpikir secara kritis terhadap sebuah permasalahan yang terjadi serta menemukan solusi permasalahan tersebut.
Kata Kunci:, Bahan Ajar, Kearifan Lokal, Pembelajaran Akuntansi
Refbacks
- There are currently no refbacks.
e-ISSN: 2621-0584
p-ISSN: 2407-9189