ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMK

Didik Hariyanto, Teguh Wibowo, Mujiyem Sapti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa SMK bergaya kognitif field independent. Jenis penelitian ini adalah penelitian fenomenologi dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI-AK1 di SMKN 7 Purworejo tahun ajaran 2018/2019 yang bergaya kognitif field independent. Pengambilan subjek dilakukan dengan teknik purposive. Instrumen penelitian ini adalah Tes Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Tes Group Embedded Figure Test (GEFT). Instrumen Tes GEFT digunakan untuk menentukan tipe gaya kognitif siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mampu memahami masalah, yaitu mampu mengidentifikasi unsur-unsur yang diketahui, yang ditanyakan, dan kecukupan unsur. Siswa mampu merencanakan penyelesaian yang diwujudkan dengan menuliskan rumus. Siswa mampu melaksanakan rencana penyelesaian dengan cara mengaplikasikan rumus dan siswa menuliskan kesimpulan atas hasil yang diperoleh. Siswa tidak melakukan pengecekan kembali (looking back) terhadap hasil pekerjaannya.

Kata kunci: Kemampuan pemecahan masalah, Gaya kognitif, Gaya kognitif field independent.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2621-0584
p-ISSN: 2407-9189