PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN COGNITIVE APPRENTICESHIP MAHASISWA

Vanda Rezania, Ermawati Zulikhatin Nuroh, Lely Ika Mariyati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis Quantum Learning pada mata kuliah Psikologi Pendidikan yang diharapkan akan meningkatkan kemampuan cognitive apprenticeship mahasiswa semester 1 jurusan FKIP Prodi PGSD Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Pengembangan perangkat pembelajaran ini menggunakan model pengembangan 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel & Semmel yang telah dimodifikasi. Melalui proses pengembangan, dihasilkan perangkat pembelajaran berbasis Quantum Learning (Silabus, RPS, LKM, BAS) yang dapat meningkatkan kemampuan cognitive apprenticeship dan instrumen penelitian. Tahap uji coba pengembangan terdiri atas uji coba ahli, uji coba skala terbatas dan uji coba skala luas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa skor rata-rata hasil validasi silabus sebesar 4,27; RPS sebesar 4,16; buku ajar sebesar 4,31, LKM sebesar 4,27, sehingga perangkat pembelajaran hasil pengembangan dinyatakan valid.  Skor kemampuan cognitive apprenticeship mahasiswa berkriteria baik dengan skor 86,7%.  Pengembangan model pembelajaran Quantum Learning ini menghasilkan buku ajar sebagai pedoman bagi mahasiswa PGSD

 

Kata Kunci: Quantum Learning, Cognitive apprenticeship, Perangkat Pembelajaran.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2621-0584
p-ISSN: 2407-9189