PERSEPSI MAHASISWA CALON GURU BIOLOGI TERHADAP PEMBELAJARAN PROJECT BASE LEARNING DALAM PEMBUATAN ALAT PERAGA BIOLOGI
Abstract
Alat peraga biasanya digunakan guru sebagai alat untuk pemahaman konsep , prinsip, dan hukum biologi yang dapat menjadikan suatu pembelajaran menjadi lebih efektif. Pembelajaran berbasis proyek (Project base learning) merupakan model pembelajaran yang di dalamnya melibatkan suatu proyek dalam pembelajarannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa calon guru biologi terhadap pembelajaran project base learning dalam membuat alat peraga biologi. Metode penelitian adalah deskriptif kuantitatif melalui surve. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. lokasi penelitian di kampus IAIN Syekh nurjati Cirebon. Populasi penelitian merupakan mahasiswa semester 5 yang berjumlah 105 mahasiswa dan teknik sampling menggunakan random sampling dengan sampel sebanyak 30 mahasiswa. Teknik analisis data menggunakan alisis deskripsi dengan menghitung presentase angket. Hasil penelitian yaitu: 1) 100% mahasiswa setelah membuat alat peraga dapat meningkatkan penguasaan kontent materi pembelajaran biologi. 2) 90% mahasiswa ingin mengaplikasikan keterampilan membuat alat peraga biologi ketika sudah menjadi guru biologi. 3) 86,7% mahasiswa setelah membuat alat peraga biologi menjadikan mereka menganalisis kedalaman kompetensi dasar suatu materi. 4) Menurut 93,3% mahasiswa pembelajaran project base learning membuat alat peraga dapat meningkatkan pedagogical content biologi. 5) 80% mahasiswa merasa lebih baik membuat sendiri alat peraganya dari pada membeli ketika sudah menjadi guru biologi. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa pembelajaran membuat alat peraga biologi penting sekali di terapkan untuk calon guru biologi.
Kata kunci : Alat peraga, persepsi mahasiswa, Project base learning
Refbacks
- There are currently no refbacks.
e-ISSN: 2621-0584
p-ISSN: 2407-9189