PENGUATAN LITERASI MULTIMODAL SISWA DALAM PENGAJARAN KOSA KATA DARI SEGI PERSPEKTIF SISWA
Abstract
Teknologi mempunyai peranan penting pada abad ke 21, selain itu para pendidik harus mengimplementasikannya pada proses belajar dan mengajar. Pada era sekarang ini, para pendidik sebaiknya beradaptasi dengan literasi zaman sekarang, yang disebut dengan literasi multimodal, dalam rangka untuk meningkatkan meaning-making dengan menggunakan teks multimodal dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini dikategorikan sebagai studi kasus yang bertujuan untuk mengetahui perspektif siswa dalam menguatkan literasi multimodal siswa pada belajar mengajar kosa kata. Peserta dalam penelitian ini adalah sepuluh siswa sekolah menengah atas dari salah satu sekolah menengah atas di Indonesia. data dari studi ini adalah kuesioner terbuka, interview, dan observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan teks multimodal membawa banyak manfaat untuk siswa dalam meningkatkan literasi multimodal siswa. Studi ini mempunyai kontribusi untuk mendukung perkembangan teknologi pendidikan dan meningkatkan kemampuan kosa kata siswa.
Kata kunci: Literasi Multimodal, Teks Multimodal, Perspektif Siswa, Kosa Kata
Refbacks
- There are currently no refbacks.
e-ISSN: 2621-0584
p-ISSN: 2407-9189