EFEKTIVITAS PENERAPAN PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE DALAM MATERI MENYAMPAIKAN ISI DONGENG PADA SISWA SD NEGERI DUKUHDUNGUS KECAMATAN GRABAG KABUPATEN PURWOREJO

Cintya Nurika Irma

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mendeskripsikan: (1) pembelajaran dalam materi menyampaikan isi dongeng yang dikembangkan dengan pendekatan whole language pada siswa SD Negeri Dukuhdungus Kecamatan Grabag Kabupaten Purworejo, (2) perubahan sikap siswa SD Negeri Dukuhdungus Kecamatan Grabag Kabupaten Purworejo setelah memperoleh materi menyampaikan isi dongeng dengan menggunakan pendekatan whole language, dan (3) prestasi belajar siswa SD Negeri Dukuhdungus Kecamatan Grabag Kabupaten Purworejo setelah memperoleh materi menyampaikan isi dongeng dengan menggunakan pendekatan whole language. Penelitian ini termasuk penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri Dukuhdungus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan tes. Uji validitas data dalam penelitian ini dengan triangulasi sumber data, triangulasi metode, dan reviu informan. Hasil penelitian menunjukkan (1) penerapan pendekatan whole language dalam materi menyampaikan isi dongeng dilakukan melalui tahapan penikmatan, tahap penghargaan, dan tahap pemahaman, (2) perubahan sikap yang terjadi meliputi (a) peningkatan kemampuan berpikir kritis, (b) pemahaman korelasi antara gambar dengan kata, c) keaktifan saat menyimak video dan berdiskusi, (d) tertanamnya kerja sama dan menghargai antara siswa, dan (e) peningkatan kemampuan berbicara, (3) seluruh siswa mengalami peningkatan prestasi belajar dengan nilai 77-95 melalui tiga ranah, yaitu ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotorik.

Kata kunci: dongeng, whole language, Sekolah Dasar (SD)


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2621-0584
p-ISSN: 2407-9189