PENERAPAN KONSEP PENDIDIKAN SEKOLAH ALAM SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN CHILD FRIENDLY SCHOOL

Muhamad Taufik Hidayat, Ajib Rosyadi, Aldi Farhan Razak, Farida Kurniawati Utami

Abstract


Child Friendly School (CFS) adalah sekolah yang dengan sadar berupaya menjamin dan  memenuhi hak anak dalam setiap aspek kehidupan secara terencana dan bertanggung jawab. Namun pelaksanaan program  tersebut dinilai tergolong rendah, pasalnya para pelaku pendidikan mengarti sempitkan CFS sebagai sekolah yang ramah dari kekerasan fisik saja. Jogja Green School merupakan sekolah tingkat dasar yang beridiri dibawah naungan Yayasan Amung Siswa memiliki penciri sebagai Sekolah Alam sangatlah merepresentasikan CFS. Disekolah alam anak didik bebas berekplorasi dalam setiap proses pembelajaran dan hak-haknya sebagai anak sangatlah dihargai. Selain itu hal tersebut dapat digunakan sebagai upaya mewujudkan Sustanaible Development Goal’s (SDG’s) pada tahun 2013 untuk mencapai poin 4 yaitu meningkatkan pendidikan yang berkualitas.

Kata Kunci :Child Friendly School, Sekolah Alam, Sustainable Development Goal’s.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2621-0584
p-ISSN: 2407-9189