NILAI KEHIDUPAN DALAM SERAT JAYENGBAYA KARYA RANGGAWARSITA

A Syihabuddin, Aniq Jimly

Abstract


Serat Jayengbaya merupakan karya sastra yang ditulis oleh Raden Ngabehi Ranggawarsita. Karya sastra ini berisi 250 bait tembang asmaradana berbahasa Jawa yang menceritakan khayalan dari seorang tokoh Jayengbaya terhadap 47 macam pekerjaan yang ternyata ada baik buruknya masing-masing dan akhirnya Jayengbaya menemukan hakikat hidup yang sebenarnya yaitu pasrah kepada Tuhan. Selain itu, karya sastra tersebut mengandung nilai kehidupan yang ditujukan kepada manusia pada umumnya dan masyarakat Jawa pada khususnya, agar bisa menjalani kehidupan yang lebih baik, selalu ingat kepada Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang, dan berakhlak mulia kepada sesama.

Tujuan dari penelitian ini  adalah untuk menganalisis nilai kehidupan yang terkandung dalam Serat Jayengbaya karya Ranggawarsita. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan hasil analisis beserta pembahasannya disajikan secara deskriptif. Penelitian ini diawali dengan pengumpulan data, analisis data, serta penyajian hasil analisis data dan pembahasannya.

Hasil penelitian ini menunjukkan ada lima nilai kehidupan yang terkandung dalam Serat Jayengbaya yaitu: (a) berpasrahlah sebagai hamba Tuhan; (b) jauhilah pekerjaan tercela; (c) manusia harus bersikap profesional dalam pekerjaannya; (d) jangan berlaku curang dalam setiap perbuatan; dan (e) janji harus ditepati.

Kata Kunci: nilai kehidupan, sastra Jawa, Ranggawarsita, Serat Jayengbaya


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2621-0584
p-ISSN: 2407-9189