HUBUNGAN PEMBERIAN INFORMASI PERSIAPAN OPERASI OLEH PERAWAT DENGAN TINGKAT KECEMASAN PASIEN PRE OPERASI DI RUANG BOUGENVILLE RSUD RAA SOEWONDO KABUPATEN PATI

Noor Cholifah, Dini Purwanti

Abstract


 

Latar Belakang;Berbagai jenis tindakan keperawatan di Rumah Sakit biasanya dapat menyebabkan kecemasan pasien. Salah satu tindakan yang menyebabkan kecemasan misalnya tindakan pembedahan, untuk itu pasien yang akan menjalani operasi harus diberi informed consent untuk menurunkan atau mengurangi gejala kecemasan. Pemberian informasi kepada pasien bertujuan untuk mengurangi tingkat kecemasan, namun kenyataannya di Rumah Sakit penundaan pembedahan pada pasien masih banyak ditemukan karena tingkat kecemasan yang semakin tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemberian informasi persiapan operasi oleh perawat dengan tingkat kecemasan pasien preoperasi di Ruang Bougenville RSUD RAA Soewondo Pati. Metode; Jenis penelitian korelasional dengan pendekatan cross sectional. Pengumpulan data secara kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien yang akan dilakukan operasi sebanyak 100 orang. Teknik sampling dengan Purposive Sampling, besar sampel 80 responden. Analisis data dengan Spearman Rank (Rho). Hasil; Analisis Rank Spearman didapatkan nilai rho sebesar 0.788 dan nilai p value 0.000.

Kesimpulan; Adanya hubungan pemberian informasi persiapan operasi oleh perawat dengan tingkat kecemasan pasien preoperasi di Ruang Bougenville RSUD RAA Soewondo Pati dengan kekuatan hubungan adalahkuatdan arah hubungan adalah positif.

Kata Kunci : Pemberian Informasi, Persiapan Operasi, Kecemasan.

 


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2621-0584
p-ISSN: 2407-9189