UPAYA PENCEGAHAN DAN EDUKASI GANGGUAN POSTUR PADA SISWA SDN 03 PABELAN SUKOHARJO

Arif Pristianto, Adelina Damayanti, Nastiti Suryani, Farid Rahman, Rita Setiyaningsih

Abstract


Latar Belakang: Selama proses pertumbuhan dan perkembangan fisik, anak-anak rentan untuk menderita gangguan postural. Tulang belakang (vertebra) adalah bagian tubuh yang tidak kalah penting dari anggota gerak. Pada tulang belakang terdapat spinal cord dan dari sinilah akar syaraf yang menginervasi anggota tubuh lainnya bermuara.Tulang vertebra dapat mengalami kelainan yang mengarah pada perubahan kurva tulang. Kelainan pada tulang belakang disebabkan oleh kebiasaan duduk dengan posisi yang salah. Akibat kesalahan postur dan sikap menyebabkan terjadinya deformitas atau perubahan kurva tulang belakang misalnya kifosis, lordosis, dan skoliosis. Kondisi tersebut juga menyebabkan gangguan pada sistem muskuloskeletal sepeti munculnya muscle imbalance atau ketidakseimbangan aktivasi otot. Hal ini tentunya mengganggu fungsi gerak tubuh dan menimbulkan masalah yang lebih kompleks. Tujuan: Memberikan edukasi dan penyuluhan tentang postur tubuh yang baik kepada siswa SDN 03 Pabelan, Sukoharjo. Metode: Pemeriksaan antropometri bone length dan edukasi. Hasil: Hasil dari evaluasi para siswa duduk tegak ketika awal belajar, namun setelah beberapa lama mulai membungkuk lagi. Selain itu siswa sudah menggunakan tas dengan benar atau tidak hanya di satu sisi tubuh. Kesimpulan: Dengan adanya upaya penyuluhan, edukasi, serta deteksi dini gangguan postur para siswa dan pihak sekolah menjadi paham tentang manfaat dan bagaimana cara memelihara postur tulang belakang yang baik dan benar

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2621-0584
p-ISSN: 2407-9189