E-KOMIK PUNAKWAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK SISWA SMP

Erni Puji Astuti, Dita Yuzianah, Supriyono Supriyono

Abstract


Penelitian ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran e-komik Punakawan Punakawan berbasis etnomatematika dan mengetahui validitas, kepraktisan, keefektifan sehingga layak digunakan untuk siswa SMP. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Berdasarkan hasil penelitian, e-komik Punakawan Punakwan memenuhi kriteria valid diperoleh dari skor ahli media sebesar 4,00, dari 2 ahli materi 3,75 dan 3,83, dan ahli budaya 3,50. Memenuhi kriteria kepraktisan diperoleh dari ahli media dan ahli materi menyatakan e-komik Punakawan Punakawan dapat digunakan tanpa revisi, ahli budaya menyatakan dapat digunakan dengan sedikit revisi. Memenuhi kriteria keefektifan ditunjukkan tes prestasi belajar memperoleh skor 80,83. 24 siswa memperoleh skor ≥ 72 dan 75% siswa dinyatakan tuntas. Selain itu e-komik Punakawan Punakawan mendapat respon positif dengan rata-rata 82,94%. Sehingga e-komik Punakawan layak digunakan sebagai media pembelajaran matematika untuk siswa SMP. Dengan menggunakan e-komik Punakawan siswa tidak hanya mendapat materi matematika, namun mengenalkan budaya daerah yang ada disekitar mereka sebagai upaya untuk mempertahankan nilai-nilai budaya.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.