AKTIVITAS METAKOGNISI SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SEGIEMPAT BERDASARKAN PERBEDAAN KEMAMPUAN MATEMATIKA

Anom Sutoko Aji, Helti Lygia Mampouw, Danang Setyadi

Abstract


Metakognisi memiliki peran penting dalam pemecahan masalah matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui aktivitas metakognisi siswa dalam menyelesaikan masalah matematika materi segiempat dilihat dari perbedaan kemampuan matematika. Subjek penelitian terdiri dari tiga siswa SMP kelas VIII yang terdiri dari satu siswa berkemampuan tinggi, satu siswa berkemampuan sedang, dan satu siswa berkemampuan rendah.  Data aktivitas metakognisi subjek dikumpulkan dengan menggunakan lembar tes, think aloud, dan hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek pada kategori tinggi mengalami aktivitas planning, monitoring, dan evaluating. Subjek pada kategori sedang dan rendah mengalami aktivitas planning dan monitoring.

Keywords: aktivitas metakognisi, geometri, segiempat

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.