UPAYA MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) SISWA KELAS VII A SMP MUHAMMADIYAH 9 YOGYAKARTA SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2018/2019

Tika Agustina Maulida, Sumargiyani Sumargiyani, Usi Rohmatika, Veldya Veldya

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi kemampuan komunikasi matematis siswa yang masih perlu ditingkatkan, ditandai dengan pembelajaran di kelas masih banyak didominasi aktivitas guru, siswa belum berani mengemukakan pendapat, tidak terbiasa membuat visualisasi untuk mendeskripsikan masalah matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran TTW di kelas VII A SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta sebanyak 32 orang. Instrumen yang digunakan meliputi: lembar observasi pelaksanaan pembelajaran, lembar observasi komunikasi matematis, soal tes komunikasi matematis, pedoman wawancara terhadap guru. Pelaksanaan pembelajaran matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) mampu meningkatkan komunikasi matematis siswa yang meliputi: (1) Kegiatan Awal: guru menyampaikan apersepsi dan motivasi mengenai materi yang akan dipelajari; (2) Kegiatan Inti: kerja kelompok yang meliputi tahap Think, tahap Talk, tahap Write, diskusi soal latihan, dan presentasi kelompok. (3) Kegiatan Penutup: guru menyampaikan kesimpulan atas materi yang telah dipelajari.

Hasil penelitian setelah dilaksanakan pembelajaran matematika dengan model pembelajaran TTW di kelas VII A terjadi peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa baik lisan maupun tulis. Hal ini dilihat dari hasil obbservasi kemampuan komunikasi lisan siklus I sebesar (kategori cukup) dan siklus II naik menjadi (kategori baik). Hal ini sejalan dengan hasil komunikasi tulis melalui tes mengalami peningkatan dari siklus I sebesar (kategori cukup) dan siklus II naik menjadi (kategori sangat baik).

 

Keywords: Think Talk Write (TTW), Komunikasi Matematis


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Sendika
Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.