PEMBELAJARAN MATEMATIKA DAN RISETNYA DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Teguh Wibowo

Abstract


Studi ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran matematika dan risetnya di era revolusi industri 4.0. Penelitian ini termasuk deskriptif kualitatif dengan metode yang digunakan adalah studi literatur/pustaka. Revolusi industri 4.0 ditandai dengan munculnya internet untuk semua aspek yang lebih dikenal dengan internet of things. Kecakapan pembelajaran di era revolusi industri 4.0 meliputi communication, collaborative, critical thinking and problem solving, creativity and innovation. Pembelajaran matematika di era revolusi industri 4.0 berusaha mengembangkan high order thinking skill (HOTS) yang dimiliki siswa, meliputi penalaran, kemampuan analisis, pemecahan masalah, keterampilan berpikirĀ  kritis dan kreatif. Riset pendidikan matematika di era revolusi industri 4.0 meliputi kemampuan literasi matematis siswa, pemanfaatan dan pengembangan software dalam pembelajaran matematika, pengembangan model atau metode pembelajaran matematika yang relevan dengan era revolusi industri 4.0, grounded theory psikologi kognitif dalam pembelajaran matematika, dan review kurikulum matematika yang relevan dengan revolusi industri 4.0.

Kata kunci: revolusi industri 4.0, pembelajaran matematika dan risetnya


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Sendika
Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.