ETNOMATEMATIKA ANYAMAN TAPAK CATUR UNTUK MENEMUKAN KONSEP MATEMATIKA

Aprilina Dwi Astuti, Marisca Kinanti

Abstract


Etnomatematika adalah studi tentang hubungan antara matematika dan budaya. Artinya, etnomatematika memuat ide-ide matematika dari masyarakat tradisional yang diterapkan dalam masyarakat tertentu. Anyaman tapak catur merupakan salah satu anyaman di kabupaten Barito Kuala yang mengandung unsur geometris di dalamnnya. Motif tapak catur mempunyai ciri khas berbentuk susunan kotak dengan kombinasi dua atau tiga warna yang beraturan seperti papan catur. Geometris motif tersebut membentuk bangun datar persegi.

 

Pada penelitian sebelumnya telah dikaji mengenai “Bentuk-bentuk Geometris” pada pola kerajinan anyaman sebagai kearifan lokal di Kabupaten Barito Kuala”. Selanjutnya, artikel ini akan dikembangkan untuk mendalami konsep matematika yang ada pada salah satu anyaman Barito Kuala yaitu anyaman Tapak Catur.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengekplorasi etnomatematika pada anyaman tapak catur untuk menemukan konsep matematis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yaitu menggunakan deskripsi dan analisis.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada anyaman Tapak Catur memuat konsep matematis yaitu konsep simetri, konsep transformasi (refleksi, translasi) , dan konsep kekongruenan.

 

 

Keywords: Etnomatematika,Tapak Catur, simetri, transformasi, kekongruenan

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Sendika
Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.