PENGEMBANGAN E-MODUL PROGRAM LINEAR BERORIENTASI HIGHER ORDER THINKING SKILLS DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK SISWA SMK KELAS X

Bidayatun Nafi’ah, Suparman Suparman

Abstract


Berpikir tingkat tinggi merupakan salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh siswa dalam pembelajaran di era revolusi industri 4.0. Sumber belajar yang tidak memfasilitasi siswa untuk mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi berdampak pada pencapaian tujuan pembelajaran. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan e-modul program linear berorientasi higher order thinking skills dengan pendekatan saintifik. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE. Model ADDIE meliputi Analysis, Desain, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen pengumpulan data meliputi angket. Angket digunakan untuk mengetahui analisis kebutuhan, kelayakan, dan kepraktisan dari e-Modul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul termasuk layak oleh ahli materi dan ahli media. Rata-rata skor validasi ahli materi mencapai 4,99 dengan kategori sangat baik sedangkan skor validasi ahli media mencapai 4,86 dengan kategori sangat baik. E-modul termasuk praktis berdasarkan respon siswa baik dari uji coba skala kecil maupun uji coba skala besar. Rata-rata skor praktis uji skala kecil mencapai 4,44 dengan kategori sangat baik. Sedangkan rata-rata skor praktis uji skala besar mencapai 4,45 dengan kategori sangat baik. E-modul dapat digunakan kepada siswa yang mempunyai tingkat kemampuan tinggi sedangkan bagi siswa yang mempunyai tingkat kemampuan sedang perlu dibimbing.

Keywords: E-Modul, Program Linear, Higher Order Thinking Skills, Pendekatan Saintifik.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Sendika
Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.