TELAAH KEBUTUHAN LKPD SESUAI MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH
Abstract
Salah satu keterampilan yang perlu dimiliki peserta didik dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 yaitu keterampilan pemecahan masalah. Keterampilan pemecahan masalah rendah dapat mengakibatkan peserta didik kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal HOTS. Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) diperlukan dalam pembelajaran. LKPD yang tidak terintegrasi dengan keterampilan pemecahan masalah akan berdampak tidak tercapainya tujuan pendidikan nasional. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah kebutuhan sumber belajar sesuai model pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subyek penelitian yaitu guru dan peserta didik SMP Muhammadiyah Sewon, Bantul. Obyek penelitian yaitu keterampilan pemecahan masalah, model pembelajaran, dan sumber belajar. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket, soal, observasi, dan pedoman wawancara. Analisis data menggunakan Miles-Huberman yang terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini mendapatkan beberapa hasil. Pertama, peserta didik masih kesulitan mempelajari materi statistik. Kedua, keterampilan pemecahan masalah peserta didik masih rendah.. Ketiga, salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah yaitu Problem Based Learning (PBL). Keempat, LKPD sesuai karakteristik peserta didik serta terintegrasi dengan keterampilan pemecahan masalah diperlukan oleh guru. Penelitian ini dapat dikembangkan pada pengembangan LKPD sesuai model Problem Based Learning untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah.
Keywords: LKPD, Pemecahan Masalah, Problem Based Learning
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ISSN. 2459-962X
Prosiding Sendika
Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.