PENGARUH SELF CONFIDENT TERHADAP KECERDASAN MATEMATIK SISWA

Prayogi Prayogi, Anggun Badu Kusuma

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh self confident terhadap kecerdasan matematik siswa. Dalam sistem pendidikan di Indonesia matematika diajarkan mulai dari tingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah. Matematika merupakan ilmu yang mendasari ilmu-ilmu lain. Matematika merupakan kebutuhan universal yang mendasari perkembangan teknologi modern yang mempunyai peranan penting dalam mengembangkan daya pikir individu. Daya pikir setiap individu berbeda-beda mulai dari tingkat berpikir rendah hingga tinggat berpikir tinggi. Perbedaan daya pikir tersebut dapat berpengaruh pada self confident (rasa percaya diri) pada individu. Self confident adalah sikap individu yang percaya terhadap kemampuan yang dimiliki oleh dirinya, bersikap optimis, pantang menyerah, dan tidak bergantung pada orang lain. Daya pikir dan self confident setiap individu juga akan berpengaruh terhadap kecerdasan individu tersebut. Salah satu kecerdasan tersebut adalah kecerdasan logika– matematika. Pada penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa self confident (rasa percaya diri) sangat berpengaruh pada kecerdasan individu termasuk kecerdasan logika-matematika.

Kata Kunci: Self Confident, Kecerdasan Matematik, Kecerdasan Logika-Matematika


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Sendika
Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.