IDENTIFIKASI KESULITAN NUMERIK SISWA DALAM MENGHITUNG BILANGAN PECAHAN

Novita Sari, Teguh Wibowo, Heru Kurniawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan numerik yang terjadi pada siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi pecahan kelas V SD Muhammadiyah Purworejo. Jenis penelitian ini adalah dekriptif kualitatif.  Teknik dalam pengambilan subjek ini menggunakan teknik purposive dengan subjek yang terpilih sebanyak 2 subjek. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, tes, wawancara dan catatan lapangan. Langkah-langkah dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan numerik, hal ini dapat dilihat pada proses pengerjaan siswa. Kesulitan numerik yang dialami oleh siswa yaitu 1) siswa mengalami kesulitan saat menjumlahkan dua pecahan berbeda, hal ini disebabkan siswa tidak memperhatikan penyebut pecahan tersebut berbeda. 2) Siswa mengalami kesulitan saat mengurangkan dua pecahan berbeda, karena tidak memperhatikan penyebut pecahan tersebut berbeda. 3) Siswa mengalami kesulitan dalam mengaplikasikan konsep pada operasi pembagian, sehingga hal ini berpengaruh pada hasil jawaban akhir siswa.

Kata Kunci: analisis, kesulitan numerik, menghitung, bilangan pecahan


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.