MENULIS ULANG BUKTI TEOREMA ALJABAR ABSTRAK

Mohammad Zahri, Muhamad Imam Fitroh

Abstract


Menulis merupakan proses mengkomunikasikan ide secara tertulis. Menulis bukti teorema Aljabar Abstrak merupakan aktivitas yang biasa dilakukan mahasiswa pada saat belajar di kelas. Walaupun bukti teorema pada umumnya sudah ada di diktat mata kuliah, namun kegiatan menulis bukti teorema tetap dilakukan oleh mahasiswa. Hal ini terjadi karena banyak mahasiswa yang mengalami kesulitan untuk memahami sebuah teorema. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman mahasiswa terhadap teorema subgrup setelah mahasiswa menulis ulang bukti teorema. Menulis ulang berarti mahasiswa yang telah mencatat bukti teorema saat perkuliahan, menulis ulang bukti teorema tersebut pada saat menerima tugas penelitian ini. Subjek penelitian ini adalah 10 orang mahasiswa yang sedang mengambil mata kuliah Aljabar Abstrak dan memiliki catatan yang lengkap tentang bukti teorema subgrup. Intrumen penelitian ini adalah tugas menulis kembali bukti teorema subgrup, dan pedoman wawancara. Data penelitian ini berupa tulisan subjek tentang bukti teorema subgrup, dan rekaman suara hasil wawancara. Hasil analisis data tugas menulis ulang bukti teorema subrup ini menunjukkan bahwa ada tiga kategori jenis tulisan subjek yaitu tulisan yang sama dengan buku diktat, tulisan yang sebagian kecil menggunakan bahasa sendiri, dan tulisan yang sebagian besar menggunakan bahasa sendiri. Subjek yang menulis ulang dengan bahasa sendiri dapat menjelaskan dengan tepat unsur-unsur teorema, memiliki pemahaman relasional terhadap bukti teorema, dan dapat memberi contoh dan yang bukan contoh. Sedangkan subjek yang menulis ulang bukti teorema sama dengan buku diktat atau sebagian kecil menggunakan bahasa sendiri hanya dapat memenuhi satu atau dua dari tiga karakteristik pemahaman dalam penelitian ini.

 

Keywords: Menulis Ulang, Kategori Tulisan, Pemahaman.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.