ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYEDERHANAKAN KEDUA RUAS PADA PENYELESAIAN MASALAH MATEMATIKA

Lisna Listya, Teguh Wibowo, Erni Puji Astuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis dan penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah pada materi persamaan linear satu variabel. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian ini adalah 2 siswa kelas VIII di SMPN 4 Purworejo tahun ajaran 2018/2019. Pengambilan subjek dilakukan dengan menggunakan teknik purposive. Instrumen penelitian ini adalah tes kemampuan menyederhanakan kedua ruas pada masalah persamaan linear satu variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mampu menyelesaikan masalah dengan langkah Polya namun terdapat kesalahan yang dilakukan siswa yaitu kesalahan konseptual. Kesalahan konseptual yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan masalah persamaan linear satu variabel yaitu kesalahan  tidak menyamakan penyebut dan kesalahan dalam mengoperasikan pecahan bentuk aljabar, hal ini disebabkan karena siswa tidak memahami konsep pecahan, dan tidak memahami konsep perkalian dan pembagian.

Kata Kunci: analisis kesalahan, soal persamaan linear satu variabel


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Sendika
Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.