REPRESENTASI SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA KONTEKSTUAL

Fatma Kemri Asfriani, Mujiyem Sapti, Puji Nugraheni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis representasi dan alasan siswa menggunakan representasi matematis dalam menyelesaikan masalah matematika kontekstual. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa kelas IX SMPN 8 Purworejo yang diambil dengan teknik purposive, yaitu siswa dengan prestasi belajar tinggi, sedang dan rendah. Data penelitian ini dari hasil wawancara, catatan lapangan, dan hasil tes representasi. Teknik pengumpulan data meliputi: tes representasi, wawancara dan catatan lapangan. Teknik analisis data melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam tahap memahami masalah, siswa cenderung menggunakan representasi verbal dengan menyajikan informasi mengunakan kata-kata. Dalam tahap merencanakan penyelesaian masalah, siswa cenderung menggunakan representasi simbolik yaitu dengan menyusun strategi penyelesaian menggunakan persamaan matematika. Dalam tahap melaksanakan perhitungan, siswa menggunakan representasi simbolik dengan menyelesaikan masalah menggunakan persamaan matematika. Dalam tahap memeriksa kembali hasil, siswa menggunakan representasi verbal dengan menyimpulkan jawaban menggunakan kata-kata. Adapun alasan siswa menggunakan representasi matematis, yaitu: pengalaman atau kebiasaan siswa dalam menuliskan informasi soal, mempermudah siswa menemukan penyelesaian, pengalaman atau kebiasaan yang diajarkan guru, kebiasaan siswa mengerjakan soal matematika dengan langsung mengoperasikan bilangan yang diketahui, memperjelas ide yang dimaksud.

Kata Kunci : representasi matematis, penyelesaian masalah

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.