DESKRIPSI LKPD BERBASIS PJBL DENGAN PENDEKATAN STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
Abstract
Berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan penting dalam pembelajaran kurikulum 2013 dan revolusi industri 4.0. Peserta didik yang memiliki keterampilan berpikir kritis rendah akan mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal bertipe HOTS. Bahan ajar yang tidak memuat keterampilan berpikir kritis berdampak pada ketidakkefektifan pencapaian tujuan pembelajaran. Penelitaian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan bahan ajar yang sesuai dengan model pembelajaran yang digunakan dan dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Penelitian menggunakan metode kualitatif. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas X di SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Obyek penelitian adalah berpikir kritis, model pembelajaran berbasis PjBL dengan pendekatan STEM, dan LKPD. Instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara, dan tes. Analisis data menggunakan Miles-Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian memberikan beberapa informasi. Keterampilan berpikir kritis peserta didik tergolong masih rendah sehingga perlu ditingkatkan. PjBL dengan pendekatan STEM merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Model pembelajaran PjBL berpendekatan STEM belum diterapkan di sekolah. LKPD yang mengintegrasikan ketrampilan berpikir kritis belum ada. Peserta didik memerlukan LKPD yang mudah dipahami dan memenuhi kegiatan nyata di lapangan. Guru memerlukan LKPD yang sesuai dengan pendekatan PjBL berpendekatan STEM. Peserta didik mengalami kesulitan dalam mempelajari materi sudut elevasi. Guru memerlukan LKPD yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini dapat dikembangkan pada pengembangan LKPD berbasis PjBL dengan pendekatan STEM untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis.
Keywords: Berpikir kritis, LKPD, PjBL, STEM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ISSN. 2459-962X
Prosiding Sendika
Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.