ETHNOMATHEMATIKA BUDAYA PURBALINGGA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Nur Zaenah Aprilianingsih, Yayuk Rusdiana

Abstract


Matematika selama ini hanya dipandang sebagai ilmu pasti yang fokus pada masalah-masalah praktis dan teoritis dalam ilmu sains. Disisi lain, kebudayaan dipandang sebagai aktifitas masyarakat dalam melestarikan nilai-nilai luhur. Dari sudut pandang matematika dan kebudayaan, sebagian besar masyarakat menganggap bahwa matematika dan kebudayaan adalah dua hal yang tidak memiliki keterkaitan. Akan tetapi,  pada dasarnya matematika adalah ilmu yang mencakup dari berbagai aspek kehidupan, salah satunya adalah dari aspek kebudayaan, yang kita kenal dengan istilah etnomathematika. Etnomatematika merupakan sudut pandang matematika dalam kaitannya dengan kebudayaan. Purbalingga merupakan salah satu daerah di Jawa Tengah yang memiliki kebudayaan yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan atau materi ajar dalam pembelajaran matematika, di antaranya adalah kebudayaan karawitan dan begalan. Dari dua kebudayaan tersebut dapat diaplikasikan dalam pembelajaran matematika, khususnya tentang geometri, kesebangunan, dan pola bilangan. Dengan mempelajari etnomatematika, harapannya pembelajaran matematika menjadi lebih bermakna bagi siswa.

 

Kata Kunci : Etnomatematika, karawitan, begalan, Purbalingga.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Sendika
Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.