PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3 DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN

Nanang Khuzaini, Nuryadi Nuryadi, Aludin gute

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia interakrtif menggunakan Adobe Flash CS5 dengan pendekatan matematika realistik untuk meningkatkan komunikasi matematis siswa dilihat dari aspek kualitas valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada prosedur pengembangan Lee and Owens menjadi 5 tahapan yaitu: analysis, design, development, implementation dan evaluation. Hasil penelitian multimedia  pembelajaran dinyatakan valid oleh para ahli dengan mendapatkan nilai masing-masing 60 untuk ahli materi dan 54 untuk ahli media . Lebih lanjut, multimedia tersebut juga dinyatakan praktis berdasarkan hasil penilaian angket siswa sebesar 1101. Sedangkan prosentase ketuntasan siswa terhadap komunikasi matematis siswa sebesar 85,89% berdasarkan hasil tes evaluasi siswa. Artinya, multimedia pembelajaran efektif dalam meningkatkan komunikasi matematis siswa.

Kata Kunci: PMR, Multimedia Interaktif, Komunikasi Matematis Siswa

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.