KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MELALUI PENDEKATAN OPEN-ENDED DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR DAN EFIKASI DIRI SISWA

Melania Eva Wulanningtyas

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pendekatan pembelajaran open-endedditinjau dari prestasi belajar dan efikasi diri siswa.Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan pretest-posttest non-equivalent group design.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 8 SMP Pangudi Luhur 1 Yogyakarta yang terdiri atas tujuh kelas.Sampel penelitian ini dipilih secara acak yaituseluruh siswa yang terdapat pada sebuah kelas ditingkat 8.Instrumen yang digunakan untuk penelitian ini adalah tes prestasi belajar yang berupa hasil ulangan harian dan angket efikasi diri.Untuk menguji keefektifan pendekatan pembelajaran open-endedterhadap prestasi belajar siswa dan efikasi diri digunakan uji one sample t-test.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan open-ended efektif ditinjau dari prestasi belajar dan efikasi diri siswa.

 

Kata Kunci: Open-ended, prestasi belajar, efikasi diri

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.