LEVEL PENALARAN MATEMATIS SISWA CLIMBERS DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA

Maysi Ellasari, Teguh Wibowo, Nila Kurniasih

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan grounded theory. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan level penalaran matematis siswa climbers dalam menyelesaikan soal PISA. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 19 Purworejo dan SMP Negeri 1 Purworejo. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa climbers kelas IX. ProsesĀ  pengumpulan data dalam penelitian ini dibagi menjadi tiga tahapan. Tahap pertama yaitu pengambilan bakal calon subjek penelitian menggunakan angket Adversity Response Profile (ARP). Tahap kedua yaitu calon subjek yang terpilih diberi soal PISA untuk mengetahui level penalaran matematis calon subjek. Tahap ketiga yaitu wawancara dengan calon subjek setelah mengerjakan soal PISA. Berdasarkan deskripsi data, analisis data, dan pembahasan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa siswa climbers dalam mengerjakan soal PISA berada diantara level relational dan extendedabstract, level ini yang peneliti sebut dengan level pra-extendedabstract. Level pra-extendedabstract yaitu dimana siswa mampu menyelesaikan soal dan mampu memberikan argumen yang tepat tetapi masih kurang teliti dalam perhitungan sehingga terjadi kasalahan dalam menjawab.

Kata Kunci: Penalaran Matematis, Level Penalaran Matematis, Climbers, PISA


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.