ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN MASALAH TERKAIT DALIL STEWART

Arlin Astriyani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan masalah terkait dalil Stewart. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan matematika Universitas Muhammadiyah Jakarta semester genap tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 1 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan persentase kesalahan prinsip adalah 25% sedangkan kesalahan kesalahan operasi yaitu 35%.  Berdasarkan hasil wawancara, penyebab subjek melakukan kesalahan yaitu kurang teliti dalam mengerjakan soal, kurang menguasai konsep dan salah perhitungan.

Kata Kunci: kesalahan, dalil Stewart

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Sendika
Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.