ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN MASALAH TERKAIT DALIL STEWART
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan masalah terkait dalil Stewart. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan matematika Universitas Muhammadiyah Jakarta semester genap tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 1 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan persentase kesalahan prinsip adalah 25% sedangkan kesalahan kesalahan operasi yaitu 35%. Berdasarkan hasil wawancara, penyebab subjek melakukan kesalahan yaitu kurang teliti dalam mengerjakan soal, kurang menguasai konsep dan salah perhitungan.
Kata Kunci: kesalahan, dalil Stewart
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ISSN. 2459-962X
Prosiding Sendika
Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.