PERKEMBANGAN AFEKTIF SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA

M.Shofi Fiqri, Anggun Badu Kusuma

Abstract


Dalam tujuan pendidikan di indonesia di harapkan memenuhi tiga ranah yaitu kognitif, psikomotorik, dan afektif. Artikel ini bertujuan untuk memberi tahu perkembangan afektif  terhadap pembelajaran matematika, dimana terdapat 4 faktor yang mempengaruhi perkembangan afektif di dalamnya yaitu emosi, sikap, moral dan nilai . Mengingat selama ini sebagian besar para pendidik mengabaikan ranah afektif dan hanya melihat ranah kognitif dan psikomotorik. Dengan adanya perkembangan afektif tersebut, maka mampu mempengaruhi hasil pembelajaran matematika siswa di dalam kelas. Berdasarkan masalah tersebut diharapakan para pendidik tidak mengkesampingkan lagi dan memperhatikan perkembangan afektif siswa dan membenahinya agar terwujud tujuan pedidikan indonesia dan menghasilkan putra-putri bangsa yang berguna bagi nusa dan bangsa.

Keywords : Afektif , Matematika, tujuan pendidikan.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.