PERMAINAN MATEMATIKA BERBASIS TEKNOLOGI DALAM ERA KELAS DIGITAL

Latasya Muthianisa, Pradina Fitri Anggarani

Abstract


Untuk menghadapi revolusi industri 4.0, dibutuhkan metode pendidikan yang dapat membentuk siswa kreatif, inovatif, dan kompetitif. Salah satu upaya yang bisa dilakukan untu mencapai hal tersebut adalah dengan menerapkan kelas era digital. Dalam kelas era digital guru bisa melakukan inovasi dengan permainan matematika yang memanfaatkan teknologi. Ketika permainan di gunakan dalam pembbelajaran selain untuk media hiburan permainan akan membuat siswa lebih tertarik dengan pelajaran tersebut. Terkhusus untuk mata pelajaran matematika, dimana masih banyak siswa yang beranggapan kalau matematika itu sulit dan membosankan. Dengan adanya penggunaan permainan matematika bisa dijadikan media untuk mengubah pandangan tersebut.  Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah kajian  literatur. Permainan berbasis teknologi yang bisa dijadikan referensi dalam pembelajaran matematika antara lain Division Mine, Fraction Monkey, Fantastic Fish Shop, dan world cup.  Dari beberapa penelitian tentang penggunaan permainan tersebut ternyata dengan menggunakan permainan berbasis teknologi siswa menjadi lebih tertarik dan pemahaman siswa dalam materi tersebut juga meningkat

.

Keyword : era kelas digital, permainan matematika berbasis teknologi, metode permainan

 


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.