IDENTIFIKASI KECERDASAN INTRAPERSONAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 YOGYAKARTA

Elix Budiyanta, Latifah Isnan Sutadi, Harina Fitriyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peta kecerdasan intrapersonal siswa kelas VIII di SMP N 7 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP N 7 Yogyakarta yang berjumlah 184 siswa. Objek penelitian ini yaitu kecerdasan intrapersonal. Teknik pengumpulan data menggunakan angket kecerdasan intrapersonal. Data diolah menggunakan perhitungan statistik dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan intrapersonal siswa kelas VIII di SMP N 7 Yogyakarta didominasi oleh kecerdasan intrapersonal dengan kategori sedang (71,74%). Sedangkan hanya 13,04% siswa dengan kecerdasan intrapersonal tinggi dan sisanya 15,22% siswa masuk kategori kecerdasan intrapersonal rendah.

Kata kunci : identifikasi, kecerdasan intrapersonal, siswa SMP


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Sendika
Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.