DESKRIPSI E-LKPD SESUAI MODEL PEMBELAJARAN PBL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA

Lalu Indar Anggara Putra, Suparman Suparman

Abstract


Pemecahan masalah matematka merupakan keterampilan penting dalam pembelajaran abad 21 ( kurikulum 2013). Peserta didik yang memiliki kemampuan pemecahan masalah rendah akan kesulitan menyelesaikan soal tipe HOTS. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan  bahan ajar yang sesuai dengan model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Metode penelitian yang digunakan adalah survei,wawancara siswa, wawancara guru, soal, dan literarur. Subyek penelitian adalah peserta didik SMP Muhammadiyah Pakem. Objek penelitian meliputi kemampuan pemecahan masalah, model pemebelajaran, dan sumber belajar. Penelitian  memberikan beberapa hasil. Pertama,  kemampuan pemecahan masalah matematika siswa tergolong rendah. Kedua, banyak yang  belum bisa memahami masalah, tidak bisa merencanakan solusi, tidak dapat menyelesaikan, dan tidak memeriksa kembali hasil pekerjaan. Ketiga PBL merupakan salah satu model pembelajan yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika. Keempat, guru memerlukan E-LKPD yang sesuai dengan model pembelajaran PBL dan karekteristik siswa. Kelima, E-LKPD  yang mengintegrasikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa belum ada. Keenam peserta didik mengalami kesulitan mempelajari materi bangun ruang sisi datar. Penelitian ini dapat dikembangkan pada pengembangan E-LKPD berbasis model  PBL untuk meningkatakan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.

Keywords: E-LKPD, Pemecahan Masalah, Problem Based-Learning



Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Sendika
Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.