FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMATIAN BAYI DAN KEMATIAN IBU DI PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2017 DENGAN REGRESI POISSON

Wulan Fitriyanti

Abstract


Regresi poisson digambarkan dengan adanya hubungan antara variabel respon (Y) yang berdistribusi poisson dan terdapat satu atau lebih variabel prediktor (X). Regresi Poisson merupakan model regresi yang sering digunakan untuk menganalisis suatu data count. Penelitian ini bertujuan mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap jumlah kematian bayi dan kematian ibu di Provinsi Jawa Tengah Tahun 2017 menggunakan regresi poisson. Data yang digunakan adalah data sekunder dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah 2017. Pemilihan model terbaik menggunakan Akaike Information Criterion (AIC), dimana semakin kecil nilai AIC maka model yang dihasilkan semakin baik. Nilai AIC model kematian bayi dan ibu menggunakan regresi poisson bivariat sebesar 1281,14 , sedangkan dengan model poisson univariat model kematian bayi sebesar 1070,5 dan model kematian ibu sebesar 240, 76. Model regresi poisson univariat lebih baik digunakan pada data kematian bayi dan kematian ibu di Provinsi Jawa Tengah Tahun 2017. Pada model kematian bayi, variabel yang signifikan adalah Persentase ibu bersalin mendapatkan pelayanan kesehatan nifas (X2), Persentase ibu hamil melaksanakan program K4 (X3), Persentase ibu hamil yang mendapatkan tablet Fe3 (X4), dan Persentase penanganan komplikasi kebidanan (X5). Sedangkan model kematian ibu, variabel yang signifikan adalah Persentase ibu bersalin mendapatkan pelayanan kesehatan nifas (X2), Persentase ibu hamil melaksanakan program K4 (X3).

Keywords: regresi poisson univariat, regresi poisson bivariat, kematian bayi, kematian ibu, Akaike Information Criterion (AIC)

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Sendika
Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.