PROFIL KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PERSAMAAN GARIS LURUS BERDASARKAN TEORI APOS

Muhammad Nuzulul Muttaqin, Suci Wulandari, Novita Erni Hendrawati, Elly Susanti, Turmudi Turmudi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengexplorasi kemampuan matematika siswa dalam memecahkan masalah persamaan garis lurus ditinjau dari teori APOS. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang dilaksanakan di sekolah menengah pertama pada kelas 8. Subjek penelitian ini berjumlah 6 siswa yang dibagi menjadi tiga kelompok kemampuan matematika yaitu kemampuan matematika tinggi, kemampuan matematika sedang, dan kemampuan matematika rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek berkemampuan tinggi secara keseluruhan mampu mengkonstruksi pengetahuannya sampai pada tahap Objek sedangkan subjek berkemampuan sedang hanya sebagian yang mampu mengkonstruksi pengetahuannya sampai pada tingkat Objek. Subjek dengan kemampuan rendah secara keseluruhan belum mampu mengkonstruksi pengetahuan mereka pada tahap Aksi.

Keywords: Profil, Kemampuan matematika, Teori APOS


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Sendika
Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.