UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS X TKR B SMK N 1 SEDAYU MELALUI STRATEGI REACT MODEL MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN

Pony Salimah Nurkhaffah, Ewari Mulyati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa kelas X TKRB SMK N 1 Sedayu melalui strategi REACT model MID. Jenis penelitian adalah PTK model Kemmis dan Mc. Taggart. Instrumen penelitian terdiri dari lembar observasi, angket, dan soal penilaian. Teknik pengumpulan data adalah observasi, angket, dan tes. Indikator keberhasilan penelitian yaitu (1)terlaksananya pembelajaran matematika dengan persentase ≥75% kriteria minimal “tinggi”; (2)adanya peningkatan persentase rata-rata skor minat belajar matematika dari siklus I ke siklus selanjutnya serta mencapai kriteria minimal “tinggi”; dan (3)adanya peningkatan persentase setiap indikator minat belajar matematika dari siklus I ke siklus selanjutnya serta mencapai kriteria “tinggi”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi REACT model MID dapat meningkatkan minat belajar matematika. Sintaks pembelajaran terdiri dari tiga fase yaitu:(1)Lead In (Relating); (2)Reconstruction (Experiencing&Cooperating); serta (3)Production (Transfering&Applying). Penelitian dilaksanakan dua siklus. Dalam penelitian ini, terjadi peningkatan persentase rata-rata skor dari siklus I ke siklus II yaitu 94,7419 (63,161%) dengan kriteria sedang menjadi 113,194 (75,462%) dengan kriteria tinggi. Selain itu, dari hasil angket diperoleh peningkatan persentase setiap indikator minat belajar matematika yaitu perasaan senang dari 62,304% menjadi 73,272%, perhatian dari 65,097% menjadi 75,935%, ketertarikan 67,097% menjadi 77,276%, dan keterlibatan dari 50,968% menjadi 74,032%. Sedangkan dari hasil observasi minat, diperoleh peningkatan persentase setiap indikator minat belajar matematika yaitu perasaan senang dari 22,581% menjadi 61,290%, perhatian dari 38,710% menjadi 87,097%, ketertarikan dari 20,968% menjadi 61,290%, dan keterlibatan dari 38,710% menjadi 83,871%.

Keywords: minat belajar, matematika, REACT, MID

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.