TEKNOLOGI DAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA GENERASI MILENIAL
Abstract
Matematika merupakan ilmu abstrak dimana objek yang dipelajari bersifat tidak konkret. Pembelajaran dalam matematika sering menggunakan bahasa simbol. Hal ini menyebabkan siswa yang masih terbiasa berfikir secara konkret akan kesulitan dalam memahaminya. Oleh karena itu, dibutuhkan metode dan media pembelajaran yang tepat dalam menyampaikan konsep matematika. Di sisi lain, perkembangan teknologi yang pesat mempengaruhi seluruh aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Masuknya teknologi dalam pendidikan menjadi tantangan sekaligus peluang dalam pembelajaran. Pemanfaatan teknologi dengan bijak dapat menunjang proses pembelajaran, begitu pun sebaliknya. Fenomena ini memberikan dampak pada siswa zaman sekarang (milenial) dimana mereka cenderung lebih melek teknologi daripada generasi sebelumnya. Oleh karena itu, pemanfaatan teknologi merupakan hal yang tepat dalam mengatasi masalah yang muncul dalam pembelajaran matematika. Langkah ini bisa diwujudkan dengan pembuatan game edukasi berbasis android untuk pembelajaran. Media pembelajaran yang sesuai dengan kondisi psikologis siswa diharapkan dapat membantu siswa dalam memahami konsep matematika yang diajarkan oleh guru di kelas. Pemahaman konsep matematika yang baik akan menunjang proses pembelajaran yang mampu mewujudkan tujuan pendidikan.
Kata kunci: Game Edukasi, Matematika, Milenial, Pembelajaran, Teknologi
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ISSN. 2459-962X
Prosiding Sendika
Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.