STUDI KEBUTUHAN E-MODUL BERBASIS PBL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK
Abstract
Hasil Ujian Nasional Tahun 2018 mengalamai penurunan dikarenakan memuat instrumen soal HOTS. Untuk menyelesaikan soal HOTS diperlukan kemampuan berpikir kritis dari peserta didik. Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu ketrampilan penting dalam pembelajaran abad 21. Pembelajaran abad 21 harus dipersiapkan agar peserta didik mampu menangani masalah-masalah kompleks. Bahan ajar yang tidak memuat ketrampilan berpikir kritis berdampak pada ketidak efektifan pencapaian tujuan pendidikan nasional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan E-modul yang sesuai dengan pendekatan Problem Based Learning (PBL) dan dapat meningkatkan ketrampilan berpikir kritis peserta didik. Penelitian menggunakan metode kualitatif. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik SMAIT Abu Bakar Yogyakarta. Obyek penelitian adalah berpikir kritis, pendekatan PBL dan E-modul. Instrumen pengumpulan data menggunakan soal, pedoman wawancara, pedoman observasi dan angket. Analisis data menggunakan Miles-Huberman yang terdiri reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian memberikan beberapa hasil. Keterampilan berpikir kritis peserta didik tergolong masih rendah. PBL merupakan salah satu pendekatan pembelajaran dapat diterapkan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Guru memerlukan E-modul yang sesuai dengan pendekatan PBL, mengintegrasikan keterampilan berpikir kritis, dan sesuai dengan karakteristik peserta didik. Peserta didik mengalami kesulitan dalam mempelajari materi penggunaan turunan dalam menentukan nilai maksimum dan minimum. Penelitian ini dapat dikembangkan pada pengembangan E-modul bependekatan PBL untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis.
Keywords: Berpikir kritis, E-Modul, Problem Based Learning
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ISSN. 2459-962X
Prosiding Sendika
Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.