ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam pemecahan masalah matematika siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian kuali-tatif deskriptif dengan pendekatan fenomologi. Teknik pengambilan subjek mengguna-kan purposive sampling. Sumber data penelitian ini adalah hasil wawancara, catatan lapangan, dokumentasi, hasil tes pemecahan masalah. Teknik pengumpulan data meli-puti: tes, wawancara, dokumen dan catatan lapangan. Teknik analisis data melalui ta-hapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam pemecahan masalah matematika telah melewati: pemecahan masalah yaitu memahami masalah dengan me-nuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan pada soal, merencanakan pe-nyelesaian dengan menghubungkan antara data dengan hal-hal yang belum diketahui pada soal dan dapai mendesain rencana penyelesaian, menyelesaikan penyelesaian se-suai rencana dengan mampu mengoperasikan operasi hitung dengan benar serta mam-pu menemukan hasil penyelesaian, dan memeriksa kembali dengan kembali hasil pe-nyelesaian soal. Untuk aspek berpikir tingkat tinggi yang dicapai hanya aspek berpikir kritis yaitu siswa menyelesaikan permasalahan dengan menguraikan permasalahan menjadi informasi yang digunakan untuk penyelesaian masalah (menganalisis/analyze) dan siswa memberikan penilaian dan pendapat berdasarkan kriteria terhadap penyele-saian soal (mengevaluasi/evaluate). Akan tetapi, siswa belum dapat mengkomunikasi-kan pendapatnya secara lisan.
Kata Kunci: kemampuan siswa, berpikir tingkat tinggi, pemecahan masalah matematika.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ISSN. 2459-962X
Prosiding Sendika
Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.