OPEN ENDED LEARNING DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

Joyo Utomo, Agung Pratama Putra

Abstract


Pemecahan masalah matematis merupakan kemampuan penting dalam pembelajaran matematika. Dengan kemampuan pemecahan masalah matematis, siswa mampu menguasai matematika, sehingga diharapkan memiliki kesempatan yang lebih luas untuk menentukan masa depannya. Akan tetapi, berdasarkan beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa belum berkembang dengan maksimal. Open-ended learning merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Ciri khusus dalam open-ended learning adalah pemberian masalah yang bersifat open-ended atau terbuka kepada siswa. Dengan pemberian masalah ini, siswa dituntut untuk mengembangkan berbagai proses berpikir yang heterogen dan kreativitasnya untuk menyelesaikan masalah tersebut, sehingga diharapkan dapat mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Keywords: Open Ended Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, kreativitasPemecahan masalah matematis merupakan kemampuan penting dalam pembelajaran matematika. Dengan kemampuan pemecahan masalah matematis, siswa mampu menguasai matematika, sehingga diharapkan memiliki kesempatan yang lebih luas untuk menentukan masa depannya. Akan tetapi, berdasarkan beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa belum berkembang dengan maksimal. Open-ended learning merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Ciri khusus dalam open-ended learning adalah pemberian masalah yang bersifat open-ended atau terbuka kepada siswa. Dengan pemberian masalah ini, siswa dituntut untuk mengembangkan berbagai proses berpikir yang heterogen dan kreativitasnya untuk menyelesaikan masalah tersebut, sehingga diharapkan dapat mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.