EFEKTIVITAS PENDEKATAN RIGOROUS MATHEMATICAL THINKING (RMT) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena kemampuan berpikir kritis siswa masih rendah. Hal ini diperkuat dengan uji coba tes kemampuan berpikir kritis yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendekatan pembelajaran RMT dan Scientific terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 3 Banguntapan Kabupaten Bantul semester genap tahun ajaran 2018/2019 terdiri dari 7 rombongan belajar yang keseluruhannya berjumlah 214 siswa. Sampel diambil 2 kelas menggunakan teknik random sampling, diperoleh kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes. Sedangkan teknik analisis data untuk uji prasyarat menggunakan uji normalitas dengan rumus Chi-Kuadrat, uji homogenitas dengan rumus uji Barlet, uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian pada taraf signifikan 5 % derajat kebebasan = 58 menunjukkan ada perbedaan antara kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan pembelajaran dengan pendekatan RMT dan pendekatan Scientific. Hal ini ditunjukkan dengan t yaitu maka H0 ditolak. Pengujian uji satu pihak menghasilkan pendekatan pembelajaran RMT lebih efektif daripada pendekatan pembelajaran Scientific terhadap kemampuan berpikir kritis. yaitu maka H0 ditolak.
Keywords: Efektivitas, Pendekatan Rigorous Mathematical Thinking (RMT), Pendekatan Scientific, Kemampuan Berpikir Kritis.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ISSN. 2459-962X
Prosiding Sendika
Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.