KEMAMPUAN PENALARAN SPASIAL DALAM MENYELESAIKAN MASALAH BANGUN RUANG PADA SISWA SMP

Fatma Arifni Qurrota Ayun, Teguh Wibowo, Mujiyem Sapti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran spasial siswa SMP dalam menyelesaikan masalah bangun ruang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Peneliti bertindak sebagai instrumen utama yang dipandu oleh tes penalaran spasial. Pengumpulan data dilakukan melalui pemberian tes dan diverifikasi dengan wawancara. Pengambilan subjek dilakukan dengan menggunakan teknik purposive dan pertimbangan guru. Subjek penelitian adalah siswa yang berkemampuan matematika tinggi. Siswa yang dipilih sebagai subjek dianggap telah memiliki cukup pengetahuan tentang materi bangun ruang sisi datar. Diambil 2 subjek yang memiliki kemampuan penalaran spasial dalam penelitian ini, yaitu S1 dan S2. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis dari Miles & Hubermen yang meliputi tiga aktivitas yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis ditemukan siswa dengan kemampuan penalaran spasial pada aspek visualisasi spasial mampu menggambarkan model bangun kubus pada bidang datar. Siswa memanipulasi suatu bangun kubus ke bentuk bangun limas. Siswa memutar posisi suatu bangun limas yang berada di dalam bangun kubus untuk dibuat model limas yang baru.

Kata Kunci: kemampuan penalaran spasia, penyelesaian masalah, bangun ruang.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.