DESKRIPSI LKPD BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKATIF
Abstract
Berkomunikasi dengan baik merupakan salah satu keterampilan penting dalam pembelajaran di abad 21. Peserta didik yang memiliki keterampilan komunikatif rendah akan mengakibatkan mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal evaluasi maupun soal UN bertipe HOTS yang seharusnya dapat diselesaikan. Perangkat pembelajaran yang tidak memuat keterampilan komunikatif berdampak pada keefektifan proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan bahan ajar yang sesuai karakter peserta didik untuk meningkatkan keterampilan komunikatif . Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subyek penelitian adalah peserta didik SMP 1 Banguntapan Bantul. Obyek penelitian adalah berpikir komunikatif, pendekatan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, dan lembar kerja peserta didik. Instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman observasi, tes tertulis, dan angket. Analisis data menggunakan Miles-Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian memberikan beberapa hasil. Guru memerlukan bahan ajar yang sesuai dengan model pembelajaran dan materi pembelajaran. Guru juga memerlukan bahan ajar yang mengintegrasikan keterampilan kerpikir komunikatif. Keterampilan komunikatif peserta didik tergolong masih rendah. Guru memerlukan bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik peserta didik. Peserta didik mengalami kesulitan dalam mempelajari materi bangun ruang sisi datar. Guru memerlukan bahan ajar yang dapat meningkatkan keterampilan komunikatif. Penelitian ini dapat dikembangkan pada pengembangan lembar kerja peserta didik berpendekatan Jigsaw untuk meningkatkan keterampilan komunikatif.
Keywords: Jigsaw, ketrampilan komunikatif, LKPD
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ISSN. 2459-962X
Prosiding Sendika
Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.