ANALISIS KEBUTUHAN LKPD BERBASIS METODE STAD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS
Abstract
Komunikasi matematis merupakan salah satu keterampilan penting dalam pembelajaran abad 21dan revolusi industri 4.0. Peserta didik yang memiliki keterampilan komunikasi matematis rendah akan mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal bertipe HOTS. Bahan ajar yang tidak memuat keterampilan komunikasi matematis berdampak pada ketidakefektifan pencapaian tujuan standar kompetensi.. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kebutuhan bahan ajar yang sesuai dengan model pembelajaran meningkatkan keterampilan komunikasi matematis peserta didik.. Penelitian menggunakan metode kualitatif. Subyek penelitian adalah peserta didik SMKN 3 Kasihan Bantul. Obyek penelitian adalah komunikasi matematis, pendekatan berbasis metode STAD dan LKPD. Instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara, dan angket. Analisis data menggunakan Miles-Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian memberikan beberapa hasil. Pertama, keterampilan komunikasi matematis peserta didik masih rendah. Kedua, LKPD yang sesuai dengan standar kompetensi sangat dibutuhkan baik oleh guru maupun peserta didik. Ketiga, metode STAD merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi matemat. Keimpat, daya serap peserta didik pada materi aturan sinus dan aturan cosinus sangat rendah. Penelitian ini dapat dikembangkan pada pengembangan LKPD berbasis metode STAD untuk meningkatkan pemahaman materi dan keterampilan komunikasi matematis
Keywords: Komunikasi Matematis, LKPD, Metode STAD
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ISSN. 2459-962X
Prosiding Sendika
Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.