ANALISIS KESULITAN SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH GEOMETRI

Eka Sri Indrayany, Fajar Lestari

Abstract


Geometri merupakan salah satu materi yang banyak penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Siswa dalam menyelesaikan soal geometri perlu menganalisis permasalahan yang ada, kemudian menyesuaikannya dengan informasi yang pernah diberikan selama pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan: (1) kesulitan siswa SMP dalam memahami fakta, (2) memahami konsep, (3) menggunakan operasi, dan (4) memahami prinsip. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan eksploratif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) tes awal, (2) tugas dan (3) wawancara. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Validasi data dilakukan dengan triangulasi teknik untuk subjek yang terpilih.Hasil dari penelitian ini adalah: (1) subjek IB kesulitan dalam memahami fakta yaitu kesulitan untuk membedakan rumus layang-layang dengan belah ketupat, IB tidak dapat membedakan bangun layang-layang dengan belah ketupat, (2) subjek AHH kesulitan dalam memahami konsep yaitu kesulitan dalam mencari keliling layang-layang dan belah ketupat karena subjek AHH belum bisa menerapkan konsep yang ada, (3) subjek MAA kesulitan dalam menggunakan operasi, hal ini di tunjukkan pada saat mencari luas layang-layang, MAA tidak bisa menentukan diagonal satu dan diagonal dua, dan (4) subjek HRZ kesulitan dalam memahami prinsip. HRZ tidak dapat mencari luas dan keliling bangun segiempat, hal ini dikarenakan HRZ tidak bisa menangkap konsepnya dengan benar.

Kata Kunci: kesulitan siswa, pemecahan masalah, geometri


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Sendika
Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.