ETNOMATEMATIKA JAWA SEBAGAI PENDUKUNG LITERASI MATEMATIKA

Wiwit Wiyanti, Anggun Badu Kusuma

Abstract


Literasi matematika berkaitan dengan kemampuan seseorang dalam memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan pengetahuan  matematikanya. Tiga proses utama dalam literasi matematis yakni merumuskan,  menerapkan, dan menginterpretasi kegunaan matematika dikehidupan sehari-hari. Artikel ini disusun dengan metode kajian pustaka. Hasil kajian pustaka menunjukan bahwa adanya Etnomatika Jawa dapat mempengaruhi kemampuan literasi matematika siswa. Etnomatika Jawa yang mempengaruhi literasi matematika siswa yaitu:  Sengkala yang berkaitan dengan sistem nilai tempat pada Basis Bilangan 10, Prasasti (astana, pusara dan sejenisnya) berkaitan dengan Basis Bilangan 10 dan lafal-lafal bilangan, Unsur Kejawen Waktu Perjodohan (Sragen) berkaitan dengan operasi penjumlahan, pembagian  dan aturan sisa bagi.

Kata Kunci: Etnomatika Jawa, Literasi Matematika

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.